PROPOSAL

PEMBANGUNAN ASRAMA PANTI ASUHAN
YAYASAN YATIM PIATU AL MUZAKKI

Gedung Almuzakki

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki adalah sebuah lembaga sosial dakwah islam yang telah bergerak sejak tahun 2006 dan dikukuhkan secara hukum oleh Notaris H.A Qomar Nasikh S.H. Nomor 42 tanggal 26 Juni 2007, di Kota Jepara, Indonesia. Yayasan ini didirikan sebagai langkah kongkret serta wujud keimanan kepada ayat Allah : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan” (QS Al Maidah 5 : 35).

Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki memfokuskan tujuan kegiatan pada bidang dakwah, Sosial, dan pendidikan. Di bidang dakwah, Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki menyelenggarakan pengajian rutin setiap senin malam ba’da isya, minggu pagi, dan beberapa waktu baik lainnya yang mana semua kegiatan itu dilaksanakan di Lokasi Yayasan dan beberapa Majelis taklim lainnya yang berada di wilayah kabupaten Jepara.. Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki juga menjadi pelopor kegiatan pertemuan Ulama, baik ulama yg berasal dari wilayah kab. Jepara maupun kota dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia dan terbuka juga bagi Negara lain. Bukan hanya itu, dalam mengikuti perkembangan teknologi, Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki juga ikut andil dalam dakwah digital dalam website yang dapat di akses di www.almuzakki.com.

Di bidang pendidikan, Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki menerapkan tujuan pembelajaran bagi anak kurang mampu, anak yatim dan muallaf untuk belajar ilmu agama dan mendalami sunnah-sunnah Rasulullah SAW untuk bekal hidup layak di dunia dan berakhlak serta beramal sholeh untuk tujuan di akhirat. Pembinaan ini dilakukan melalui beberapa kategori bidang dakwah, di antaranya pengamalan akhlak, adab dan perilaku Rasulullah SAW, tahfiz qur’an, Alhadist, manaqib,  Pembacaan maulid, dan Ratib.

A.1. Sekilas tentang Yayasana Yatim Piatu Almuzakki

Pondok Pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki . Pesantren yg bermanhaz ahlussunnah wal jama’ah ini dibentuk pada tahun 2007 yang dilatarbelakangi oleh Niat serta keikhlasan hati dalam melanjutkan untaian tali dakwah Rasulullah SAW. Pondok Pesantren ini untuk sementara berkedudukan di Jl. Benteng portugis, ds. Banyumanis, kec. Donorojo, Kab. Jepara – Jawa Tengah.

Dalam upaya menciptakan kader islami, Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki memberikan materi kepada santri yang meliputi takhasus Al Qur’an, Tahfidz Al Qur’an, Kajian Tafsir Al Qur’an, Kajian Hadist, Kajian Fikih dan Bahasa Arab. Sedangkan pembelajaran Pondok Pesantren ini adalah menggunakan sistematika Al Qur’an dan hadits. Menjadikan Al Qur’an dan sunnah rasul hidup berjalan seiring dengan aktivitas kehidupan sehari-hari, Al Qur’an adalah petunjuk tuntunan hidup yang di dalamnya mengandung hukum-hukum yang mengikat dan wajib untuk ditegakkan. Cara penerapan dan penyebar-luasannya mengikuti teladan dari Nabiyullah Muhammad SAW. Santri dididik untuk memahami dan menerapkan Al Qur’an dan hadist dalam hidup kesehariannya, serta menyebarluaskannya.

Metode pembelajaran yang diterapkan pada Pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki lebih ditekankan pada Adab serta sikap yang tercermin pada sosok Rasulullah dimana alqur’an dan Assunnah menjadi landasan dalam berfikir, berdzikir, serta tidak terlepas dalam aktifitas dan kreatifitas islami.

Keberadaan pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki telah dirasakan kemanfaatannya ditengah masyarakat, khususnya masyarakat sekitar pesantren dan beberapa lembaga dakwah islam seperti Madrasah -Madrasah dan majelis-majelis taklim yang tersebar di kota Jepara.

Saat ini santri Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki yang mukim (mondok) sebanyak 30 anak dimana keseluruhannya adalah putra dan putri yang berasal dari kota jepara dan sekitarnya. jumlah santri yang sudah terdaftar sebanyak 64 anak tetapi ada sekitar 60 anak lagi yang mendaftar tetapi kami belum bisa menampungnya, insyaallah dengan dibangunnya asrama baru Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki akan bisa teratasi semua.

Sumber pembiayaan Kegiatan Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki sampai saat ini berasal dari sumbangan sukarela dan masyarakat sekitar sebesar 10%, sedangkan 90% dari donator online melalui website www.almuzakki.com. Sampai saat ini majelis taklim maupun pondok pesantren belum memiliki bentuk usaha yang produktif ataupun bantuan dari instansi pemerintah untuk pembiayaan mandiri dalam segala kegiatan Untuk memenuhi perannya secara optimal dalam mewujudkan fungsinya sebagai Lembaga Dakwah, Sosial Dan Pendidikan.

Mengingat latar belakang di atas, Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki akan terus berupaya mengembangkan sayap untuk mewujudkan jati diri sebagai wadah lembaga Islami agar mampu berfungsi secara efektif sebagai lembaga pusat dakwah islam, pendidikan dan pelayanan umat. Hal ini ditandai dengan telah tersedianya lahan Seluas 5530 m2yang terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah yang masih dalam Tahap perencanaan Pembangunan. Lahan inilah untuk kemudian hari akan menjadi Pusat dakwah dan pendidikan Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki. Insya Allah, Niat dan Ridho Allah dan Rasulullah Mengiringi Tahap Pembangunan Pusat Dakwah dan Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki. Amin.

B. PERMASALAHAN

Sampai saat ini pendidikan di Pondok pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki Berjalan dengan memanfaatkan gedung lama dimana segala sesuatunya masih serba kurang. Dipondok mini itu para santri melakukan segala aktifitasnya. Baik Belajar, diskusi, makan, mandi, mencuci, berlatih kegiatan islami hingga tidur dan beristirahat. Kondisi asrama dan ruang beraktifitas bagi santri sangat sempit, sehingga sangat tidak layak lagi untuk dijadikan tempat belajar mengajar. Minimnya fasilitas, serta sarana dan prasarana yang tersedia dirasakan sangat menghambat proses belajar mengajar sehingga mengulur waktu tercapainya tujuan utama pendidikan yaitu “Menciptakan Kader Islami yang berakhlak mulia sesuai sunnah Rasulullah SAW”.

Menilik jumlah santri yang ada pada saat ini sangat tidak sebanding dengan tingkat kemampuan daya dukung sarana prasarana Pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki. Sementara minat masyarakat tidak mampu yang berniat untuk medaftarkan anaknya agar menjadi santri pondok Pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki cukup besar. Tetapi mengingat keterbatasan sarana dan prasarana yang tidak berimbang dengan jumlah santri, maka dengan sangat terpaksa Pihak Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki membatasi jumlah santri yang diterima.

Adapun Lahan bakal Pondok pesantren Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki hanya berupa pagar pembatas, dan belum layak untuk dijadikan tempat untuk melakukan proses kegiatan belajar mengajar.Sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk memotivasi dan memfasilitasi masyarakat Kurang mampu untuk belajar Ilmu Agama dan Ilmu sekolah non formal, Yayasan Yatim Piatu Al Muzakki merasa sangat prihatin dengan kondisi ini.

Diharapkan dengan pembangunan ini daya tampung santri dapat meningkat hingga mencapai jumlah maximal dan kajian untuk masyarakat luas dapat segera diselenggarakan dengan layak.

C. NAMA PROGRAM

Program ini kami sebut “PEMBANGUNAN ASRAMA PONDOK PUTRA DAN PUTRI YAYASAN YATIM PIATU AL MUZAKKI”

D. TUJUAN

Adapun yang menjadi tujuan dari program ini adalah

  1. Membangun Asrama / Pondok Putra Al Muzakki
  2. Membangun Asrama / Pondok Putri Al Muzakki
  3. Renovasi Musholla Al Muzakki
  4. Renovasi Gedung lama Al Muzakki

E. AREAL PEMBANGUNAN

Pembangunan ini dilaksanakan pada lahan seluas 5.530 m2 yang beralamat di Jl. Benteng Portugis Ds. Banyumanis Kec. Donorojo Kab. Jepara Prov. Jawa Tengah, Berikut lampiran foto lahan yg akan di bangun.

 

F. RANCANGAN GAMBAR

Bangunan Asrama / Pondok Putra dan putri Al Muzakki terlampir.

G. ANGGARAN DAN SUMBER PEMBIAYAAN

Berikut ini Rekapitulasi Anggaran Belanja Pembangunan Asrama / Pondok Putra dan putri Al Muzakki.

1.  Membangun Asrama / Pondok Putra Al Muzakki Rp.    400,000,000;
2.  Membangun Asrama / Pondok Putri Al Muzakki Rp.    400,000,000;
3.  Renovasi Musholla Al Muzakki Rp.    100,000,000;
4.  Renovasi Gedung lama Al Muzakki Rp.    100,000,000;
TOTAL Rp.  1,000,000,000;

SUMBER DANA DAN PEMBIAYAAN
a.  Amal Jariyah, Infaq, Shodaqah dan Zakat Mal dari Umat Islam
b.  Bantuan Pemerintah, Badan Sosial, Perusahaan Swasta maupun BUMN
c.  Donatur Tetap dari para dermawan
d.  Bantuan / Sumbangan dari Dalam dan Luar Negeri
e.  DONATUR ONLINE

H. WAKTU PELAKSANAAN

Berikut ini rencana waktu pelaksanaan program pembangunan;
– Sudah dimulai tanggal 4 januari 2014 dengan dana awal Rp. 100,000,000 (seratus juta rupiah)

I. PANITIA

Panitia Pembangunan Asrama / Pondok Putra dan putri Al Muzakki, terlampir.

J. CONTACT PERSON

Contact Panitia dari program ini dapat menghubungi :

Bpk. Suwantoro : 085226364855

Bpk. Sunoto : 081382518800

 

K. PENUTUP

Demikian Proposal ini kami buat dengan diiringi do’a semoga dalam cita-cita ini Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan, melimpahkan Taufiq dan Hidayah-Nya, sehingga Pembangunan ini berhasil dan sukses demi kemajuan Umat Islam, Amin.  Dengan Proposal yang sederhana ini, mudah-mudahan segala yang direncanakan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yang terkait dan ridho Allah SWT, sehingga apa yang direncanakan senantiasa dalam kelancaran. Dengan segala kerendahan hati, kami selaku panitia mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian dan bantuannya, semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan ketabahan kepada kita sekalian untuk dapat menyelesaikan pembangunan ini

Kepada semua donator yang mendukung dan membantu pembangunan Asrama ini, atas nama semua pengurus dan anak anak yatim piatu di Yayasan Almuzakki mengucapkan banyak terima kasih, semoga apapun yang disumbangkan akan mendapatkan ridho dan barokah dunia akhirat, dan semoga akan dilipat gandakan rizkinya dari Allah SWT….

Amin amin ya robal alamin…….

 

Gambar Pondok Pesantren :

Gambar Pondok Almuzakkigd. almuzakki lantai 1gd. almuzakki lantai 2

PROSES BANGUNAN TAHAP SATU (Pembuatan pondasi)

Pemancangan Pondasi Asrama Putra Putri Almuzakki01 Pemancangan Pondasi Asrama Putra Putri Almuzakki05 Pemancangan Pondasi Asrama Putra Putri Almuzakki06 Pemancangan Pondasi Asrama Putra Putri Almuzakki07 Pemancangan Pondasi Asrama Putra Putri Almuzakki08

PROSES BANGUNAN TAHAP KEDUA (Pemasangan tembok / Dinding)

Proses pembangunan Asrama Putra Putri Almuzakki01 Proses pembangunan Asrama Putra Putri Almuzakki02 Proses pembangunan Asrama Putra Putri Almuzakki04 Proses pembangunan Asrama Putra Putri Almuzakki07 Proses pembangunan Asrama Putra Putri Almuzakki08 Proses pembangunan Asrama Putra Putri Almuzakki09